Perbedaan Search Engine dan Web Browser

00.15

Sebagai proses pemenuhan laporan akhir laboratorium internet dasar, maka saya membuat tulisan ini.

Apa saja perbedaan search engine dan web browser ? jelaskan!
Jawab :

Dimulai dari segi definisinya, search engine atau sering disebut juga mesin pencari adalah sistem yang ada di dalam sebuah sistem yang diolah melalui satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan proses pencarian data. Data yang dihasilkan oleh mesin ini dikumpulkan oleh mereka melalui suatu metode tertentu dan diambil dari seluruh server yang dapat mereka akses. Jikadilakukan penarian melalui search engine ini,maka pencarian yang dilakukan sebenarnya adalah pada database yang telah terkumpul didalam mesin tersebut. Biasanya mesin pencari bekerja dengan mengirimkan sebuah spider atau robot untuk mengambil dokumen sebanyak mungkin. Contoh search engine adalah yahoo, google, bing,altavista, dll
Sedangkan, web browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk melintasi,mengambil,dan menyediakan sumber informasi di world wide web. Sumber informasi di identifikasi dengan Uniform Resouce Identifier (URL) termasuk sebuah halaman web, gambar, video atau bagian lain dari konten web. Contoh dari web browser adalah netscape navigator, mozilla firefox, internet explorer, google chrome dsb.
Dari kedua definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa perbedaan antara web browser dan search engine adalah :
  1. Web Browser adalah software pada komputer untuk menampilkan halaman web sedangkan search engine adalah website yang berfungsi sebagai mesin pencari informasi.
  2. Web Browser dapat diaktifkan tanpa search engine, sedangkan search engine tidak dapat dibuka sebelum web browser diaktifkan.
  3.  Web Browser mencari informasi dari suatu halaman web yang tersimpan di dalam komputer sedangkan search engine mencari websiter yang kata kuci dokumennya berada didalam internet.

You Might Also Like

0 komentar

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe