Ilmu Budaya Dasar, mengapa kita harus mempelajarinya?

14.56

Seperti yang dimaksudkan dalam judul tulisan ini, kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian, tujuan dan ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar serta sebab ilmu budaya dasar ini harus dipelajari didalam bangku aktifitas perkuliahan.

Pengertian IBD
IBD (Ilmu Budaya Dasar) terdiri dari tiga suku kata yang berbeda membentuk satu kalimat yang digabung membentuk satu definisi khusus yaitu Ilmu, Budaya, dan Dasar. Sebelum membahas lebih lanjut definisi Ilmu Budaya Dasar, ada baiknya kita bahas satu per satu definisi kata dari IBD tersebut dari Kamus Besar Bahasa Indonesia sehingga dapat memberikan definisi logis dan runtut sesuai dengan definisi yang ada.
 

Ilmu
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia definisi ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu.

Budaya
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia definisi budaya adalah pikiran atau akal budi manusia.
 

Dasar
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia definisi dasar adalah pokok atau pangkal suatu pendapat (ajaran atau aturan) atau asas.

Berdasarkan ketiga definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa definisi Ilmu Budaya Dasar (IBD) adalah pengetahuan suatu bidang secara berkonsep untuk mengkaji berbagai masalah dasar atau pokok mengenai budaya dan manusia. Disini yang menjadi objek studi IBD adalah budaya itu sendiri. Secara sederhana IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Setelah kita mengetahui definisi dari Ilmu budaya dasar, berikut ini adalah Tujuan dari Ilmu Budaya Dasar. Tujuannya yakni untuk mendidik ahli-ahli dalam satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities).

Selain itu, Ilmu Budaya Dasar memliki tujuan khusus untuk menstimulasi sudut pandang kritis para mahasiswa untuk lebih tanggap dalam berbagai perisitiwa yang terjadi khususnya mengenai budaya dan manusia itu sendiri. Pendekatan yang digunakan untuk mendalami Ilmu Budaya Dasar adalah pendekatan persuasif dan kondusif sehingga kita sebagai mahasiswa dituntut untuk bisa menyelesaikan berbagai masalah budaya secara independen tanpa harus mendalami lebih jauh mengenai manusia dan budaya.

Ruang lingkup dari ilmu budaya dasar ini adalah kemanusiaan dan budaya dari manusia itu sendiri. Dalam melakukan aktifitas pembelajaran Ilmu Budaya Dasar ini, seorang pelajar atau mahasiswa diharapkan dapat memiliki pola pikir yang lebih luas terhadap permasalahan yang ada dalam lingkup budaya terutama budaya di Indonesia.

Mengapa kita harus belajar IBD? Karena kita adalah seorang pelajar / Mahasiswa. Mahasiswa adalah Pemuda. Biasanya pemudalah yang memiliki cara pandang yang masih idealis dan kritis sehingga mampu menanggapi segala persoalan dan masalah budaya dengan cara berpikir yang lebih intelektual. Sehingga mahasiswa tersebut tidak berada didalam suatu lingkungan sempit untuk kepentingan profesi mereka saja, akan tetapi mahasiswa bisa lebih peka terhadap kedisiplinan kebudayaan yang tertanam dalam bangsa yang menyangkut tidak hanya untuk kepentingan dirinya saja, tetapi juga untuk orang lain.

Selain itu, pendidikan ilmu budaya dasar ini, diharapkan mampu mengalokasikan mahasiswa dalam melakukan komunikasi dengan mahasiswa lain dalam membahas setiap permasalahan yang ada.


Sumber Tulisan :
1. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
http://zoratheboy.wordpress.com/2010/05/10/pengertian-tujuan-ibd-dan-ips/.
2. http://dimazmarham.blogspot.com/2010/04/pengertian-ilmu-budaya-dasar.html
3. http://affandymuradsite.blogspot.com/2012/03/pengertian-dan-tujuan-ibd-sebagai-mata.html









You Might Also Like

0 komentar

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe