Ini mimpiku, dan inilah caraku..

04.15


Mimpi, setiap manusia pasti pernah bermimpi atau mungkin memiliki mimpi yang berbeda-beda satu sama lain. Menurutku, mimpi adalah sebuah target hidup yang harus kita punya agar hidup kita tak menjadi sia-sia. Tak dapat dipungkiri juga, bagi sebagian orang, mereka masih senang meremehkan mimpi. Menurut mereka, bermimpi itu ya Cuma mimpi. Mimpi Cuma bunga tidur dan tak akan pernah dapat terealisasikan sebagaimana mestinya.
Namun, sampai sekarang aku tidak akan pernah setuju dengan pendapat itu, buatku mimpi adalah suatu objek yang sesungguhnya nyata yang masih terselubung batang hidungnya. Sebuah analogi yang aneh tapi biarlah, semoga pembaca masih dapat mengerti maksud tulisanku tadi. Lebih tepatnya,mimpi itu adalah rencana kita, akan tetapi masih Allah SWT sembunyikan.
Seperti yang tadi aku katakan, karena aku adalah manusia maka aku punya mimpi. Mimpiku ada banyak sekali, yang apabila aku sebutkan mungkin satu buku saja itu tak cukup..(hahaha..sangat berlebihan). Namun, memang benar.. saat SMA dulu, aku terinspirasi oleh banyak orang. Pertama, Marie Curie, Ilmuwan asal Polandia yang telah mendapatkan banyak nobel atas prestasi-prestasinya. Kedua, adalah Andrea Hirata, seorang yang aku yakini banyak dari orang Indonesia mengagumi dia dan menjadikan dirinya sebagai seorang inspirator.
Lalu? Apa mimpiku? Baiklah, aku akan menceritakan beberapa saja dari mimpi-mimpi besar yang aku miliki. Pada saat SMA dulu, aku bermimpi untuk bisa kuliah di Institut Teknologi Bandung, dan keyakinanku pada mimpi itu masih tetap besar hingga sekarang, padahal aku sudah berkuliah di Universitas Gunadarma. Tak ada salahnya bukan? Masih ada kesempatan untuk mengikuti Ujian SNMPTN lagi menuju kampus yang aku idam-idamkan itu. Cara apa yang sedang aku lakukan untuk meraih mimpiku yang ini?  Aku tak bisa mengikuti bimbel lagi karena kemampuan ekonomi orang tuaku yang tidaklah besar alias pas-pasan. Oleh karena itu, disela-sela aktifitas kuliah yang ternyata padat, kusempatkan diriku untuk belajar sedikit demi sedikit bersama teman-teman bahkan adik kelas yang juga ingin mengikuti SNMPTN. Kadang-kadang aku suka minder apabila mengikuti Tryout yang diadakan oleh beberapa kampus, yang mana seisi pesertanya adalah angkatan dibawahku, tapi mungkin menjadi orang asing dan minoritas adalah tantangan yang menarik. Aku bermimpi untuk kuliah di Institut Teknologi Bandung karena aku ingin menjadi seorang insinyur atau lebih tepatnya menjadi seorang Sarjana Teknik.
Selain itu, aku juga punya mimpi yakni ingin menjadi seorang penulis di usia mudaku ini. Entah mengapa mungkin ini adalah sebuah bakat terpendamyang tak pernah aku sadari sebelumnya. Semenjak SD aku senang menulisbuku harian, dan hal itu rutin aku lakukan hingga kelas 3 SMP, sedangkan ketika memasuki jenjang SMA, aku mulai menulis harianku di blog. Saat ini, aku sudah jarang sekali menulis tentang aktifitas-aktifitas harianku, tetapi aku masih senang menulis dan kadar tulisanku menjadi lebih berbobot bukan hanya sekedar tulisan yang berisi curahan-curahan hati. Dengan di didukung oleh mata kuliah softskill, mengikuti berbagai lomba, aku mulai mengembangkan penulisanku sedikit demi sedikit secara otodidak.
Melihat kebiasaan yang aku jelaskan diatas tadi, sudah bisa dipastikan mimpiku adalah menjadi seorang penulis. Aku tidak terlalu memperhatikan apakah aku harus menjadi penulis terkenal atau tidak yang terpenting aku bisa menyalurkan kegemaranku saat ini, dan selamanya.
Cara yang telah aku lakukan sampai saat ini untuk meraih mimpiku itu adalah hanya mengikuti berbagai kegiatan lomba menulis yang diadakan oleh berbagai event organization ataupun komunitas menulis online. Aku belum mencoba mengirimkan karya tulisanku ke penerbit karena aku masih menjadi seorang penulis pemula dan masih malu untuk memperlihatkan hasil tulisanku sendiri.
Beberapa waktu lalu, aku memenangkan lomba menulis online yang diselenggarakan oleh toko buku Leksika kalibata city dan suarajakarta.com. Alhamdulillah aku mendapat juara pertama kategori blogger.
Ini baru sebagian kecil saja dari mimpi-mimpiku. Akan tetapi, pada intinya, mimpiku adalah kembali kepada asalku, aku ingin membahagiakan kedua orang tuaku dan juga keluargaku, menjadi seseorang yang bertaqwa dijalan Allah SWT melalui berbagai profesi yang akan aku jalani kelak.
Sekali lagi ku bilang, manusia tidaklah sempurna dan aku adalah manusia..
Semua kehidupan berasal dari mimpi, dan kebanyakan dari mereka orang-orang sukses adalah mereka yang ingin berusaha sekuat tenaga dengan kemauan yang juga kuat. Sepeti kata pepatah, if there’s a will, there’s a way.
          Terimakasih karena telah membaca tulisanku ini, semoga makin diberkahi oleh Allah SWT.
Salam,
RAHMARANI HAKIM
15111774
1KA06

You Might Also Like

0 komentar

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe