Manusia Dan Tanggung Jawab

19.37


Tanggung jawab sangat erat kaitannya dengan manusia. Mengapa? Karena tanggung jawab merupakan salah satu sikap yang seharusnya dimiliki manusia. Hidup merupakan pilihan dan dalam setiap pilihan pasti ada resiko yang diakibatkan dari pengambilan sebuah keputusan. Sehingga sikap bertanggung jawab dalam menerima setiap resiko itu sangat penting dimiliki oleh seseorang yang diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan.
Berikut ini, akan ada beberapa penjelasan mengenai manusia dan tanggung jawab.
Definisi menurut kamus besar bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan wajib untuk menanggung segala sesuatunya. Sedangkan, ada banyak definisi lain yang menjelaskan tentang tanggung jawab itu sendiri. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Dalam kata lain, tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Setiap manusia memiliki kewajiban yang mana harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.
Seseorang mau bertanggung jawab itu berarti dia telah memiliki kesadaran dan keikhlasan atas segala yang ia perbuat dan akibat bagi kepentingan pihak lain. Ada beberapa hal bentuk-bentuk tanggung jawab yang seharusnya dilakukan oleh manusia, dimulai dari lingkup terkecil yakni kepada diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara serta kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Tanggung jawab terhadap diri sendiri itu berupa wujud kesadaran dan keikhlasan kita untuk memenuhi kewajiban diri kita sendiri sebagai makhluk individual. Seperti contoh yaitu menjadi manusia yang tidak merokok, selain rokok dapat merusak dirinya sendiri, asap rokok juga sangat berbahaya bagi orang yang menghisapnya.
Sama seperti halnya kepada diri sendiri, Tanggung jawab terhadap keluarga itu berupa wujud kesadaran setiap anggota keluarga dalam menjaga nama baik, kesejahteraan, bahkan keselamaan anggota keluarga yang lain karena keluarga merupakan masyarakat terkecil yang ada didalam kehidupan kita.
Selain bersifat makhluk individu, manusia juga merupakan makhluk sosial yang mana harus memiliki Tanggung jawab terhadap masyarakat disekitar kehidupannya. Setiap anggota masyarakat harus menjaga keberlangsungan kehidupan dalam masyarakat itu sehingga diperlukan rasa tanggung jawab yang wajar dan segala perbuatannya akan berdampak terhadap masyakarat.
Dalam lingkup yang lebih besar lagi, kehidupan sebagai  masyarakat berbangsa dan bernegara. Di sebuah Negara, pasti memiliki hukum sebagai pengatur dari segala kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu, dalam menjalankan setiap kegiatan diperlukan rasa tanggung jawab terhadap Negara. Seperti contoh tidak melakukan tindak kriminal, melakukan demo yang tidak anarki dan lain sebagainya.
Terakhir, manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan sudah seharusnya melakukan tanggung jawab terhadap penciptanya. Karena Tuhan mengetahui segala apa yang kita kerjakan di dunia ini. Dosa dan Pahala sebagai tolak ukur manusia dalam melakukan perbuatannya di dunia. Semua perbuatan itu akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan ketika hari akhir tiba.
Timbulnya rasa tanggung jawab harus didasari dengan perasaan tulus dan ikhlas satu sama lain, karena manusia merupakan makhluk bermasyarakat. Manusia hidup bermasyarakat dengan kata lain manusia harus bisa menjaga keselarasan, kesejahteraan, keserasian antara sesama manusia, antara manusia dan juga lingkungannya. Manusia tidak bisa semena-mena saja terhadap lingkungan karena lingkungan juga memiliki hak untuk terus hidup. Mereka juga merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.
Wujud tanggung jawab juga bisa dilakukan dengan pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian adalah perbuatan baik berupa pikiran, pendapat, ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, rasa hormat dan satu ikatan yang mana semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pada hakikatnya, pengabdian merupakan rasa tanggung jawab. Sedangkan pengorbanan berasal dari kurban yang berarti persembahan sehingga pengorbanan yaitu pemberian untuk menyatakan kebaktian dan mengandung unsur keikhlasan tanpa pamrih berdasarkan moral yang tulus ikhlas semata-mata.
Perbedaan antara pengabdian dan pengorbanan yaitu :
·        Pengabdian biasanya berupa kegiatan moril yakni tenaga, pikiran, ide-ide, sedangkan
·        Pengorbanan biasanya berupa hal materil yakni harta benda, barang dsb.
Dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab adalah ciri manusia yang beradab (berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari betul akibat baik/buruk perbuatannya itu dan menyadari pula bahwa ada pihak lain yang membutuhkan pengabdian dan pengorbanannya. Memiliki rasa tanggung jawab haruslah dipupuk sejak dini. Ada banyak usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk menciptakan perasaan tanggung jawab antara lain di dalam pendidikan formal maupun non formal, keteladanan dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
 Sebagai Seorang mahasiswa, tanggung jawab yang mesti kita lakukan saat ini adalah belajar dan mengatur diri sendiri demi membahagiakan orang tua kita.





Sumber Penulisan :

1.  E-Book MKDU Ilmu Budaya Dasar. Penulis : Widyo Nugroho dan Achmad Muchji. Penerbit Gunadarma. Tahun 1994

You Might Also Like

0 komentar

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe