Anak jalanan pun butuh perhatian.. :(

17.14

Salam hangat terdahsyat untuk seluruh pembaca blogku, kali ini aku sedang mengerjakan tugas softskill ISD yang berupa essay mengenai masalah sosial yang terjadi disekitas kita akhir-akhir ini..
sebenarnya, tugas ini sudah saya buat beberapa minggu yang lalu, tapi belum sempat saya posting karena satu dan lain hal.


Tema saya saat ini ada masalah sosial mengenai "ANAK JALANAN".Berdasarkan UUD tahun 1945 
  • Pasal 34 ayat 1-4
Mengatur tentang Perlindungan terhadap fakir miskin dan anak terlantar sebagai tanggung jawab negara.

Saya sangat tertarik dengan masalah ini, karena saya termasuk orang yang senang memperhatikan dan mengamati. Ketertarikan saya terhadap anak jalan, mulanya muncul karena hati saya tak pernah tak terenyuh ketika, anak-anak itu menyanyi di bis-bis atau angkot yang saya tumpangi. Menyanyi dengan kepolosan suara yang membuat batin saya bicara bahwa mereka perlu perhatian.
kemudian, pernah suatu ketika, disebuah terminal bis, saya melihat muka memelas mereka, mengamen kemudian keluar dari bis, dan sedang ditunggu oleh para orangtua, yang entahlah itu siapa mereka..mungkin orangtua,atau preman-preman jalanan yang suka memalak mereka. 
Ketika itu saya punselalu membayangkan, merefleksikan diri saya menjadi seperti mereka, apakah saya akan sanggup.. Mungkin tidak. Mereka itu adalah anak-anak yang kuat. Keras karena Lingkungan dan Batu karena lingkungan pun juga kejam terhadap mereka. 

Oke, balik ke topik  
Beberapa waktu yang lalu, saya browsing berita-berita dijakarta mengenai anak jalan ini, dan kebetulan saya mendapati berita berikut sebagai sumber penulisan ini.


Dalam berita yang di post pada tanggal 6 Januari 2012 menyebutkan bahwa Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufrie mengatakan kepada media bahwa pulau JAWA akan bebas dari anak Jalanan. Rencananya, kebijakan ini akan berlaku mulai tahun 2013. dan targetnya 2014 ini NEGARA INDONESIA BEBAS DARI ANAK JALANAN.

Dalam hal ini, Mensos juga bilang bahwa akan bekerja sama dengan Kementrian Agama dalam menangani masalah sosial yang menyangkut pendidikan bagi Anak Jalanan. Anak-anak tersebut akan tinggal dipanti asuhan dan kemudian disekolahkan di pesantren-pesantren yang seluruh biayanya akan ditanggung pemerintah.

Sebagai rakyat biasa yang telah sering mendapat janji-janji tanpa bukti ini, saya hanya bisa berharap bahwa janji dan mimpi itu bisa terealisasikan tanpa hambatan yang berarti. 
Entah bagaimana caranya, peran pemerintah daerah dan masyarakat  sangat penting dalam melaksanakan apa  yang dikatakan oleh Mensos tersebut.

Hanya waktu yang bisa menjawab, akankah target pemerintah mengenai anak-anak jalanan ini akan tercapai, mampukah pulau dimana tempat saya tinggal.,mampu menanggulangi masalah sosial yang melibatkan anak-anak kecil tak berdosa. atau tidak..

Hmm..Anak-anak jalanan itu butuh kit sebenarnya, tapi kadang-kadang, kita sebagai manusia yang lebih beruntung daripada mereka justru menjadikan mereka bahan olok2an..menjadikan mereka sesuatu yang nista.. padahal sesungguhnya mereka sama dengan kita, mereka juga manusia yang tercipta dari tanah, hanya keberuntungan yang lebih mmbedakan mereka dengan yang lain..
Semoga dengan adanya postingan ini, kita semua bisa saling merenung, bahwa masih banyak remaja dan orang2 diluar sana yang jauh berada dibawah kita,boro2 mendapatkan fasilitas internet dirumah, bahkan untuk membaca dan menulis saja mereka belum tentu bisa melakukan.
Didalam kehidupan mereka, hanya uang..uang yang ada dipikiran mereka untuk menyambung hidup..

kapankah bangsa ini mau maju, bila dalam diri kita, belum ada rasa kesadaran, bahwa kita semuasaling membutuhkan, dan sudah seharusnya saling mengasihi..

 Salam sayang untuk kalian anak-anak jalanan...Untuk saat ini, diusia ku yang masih belia..aku hanya bisa menulis dan duduk apatis, aku belum punya cukup bekal untuk berada dikalian sepenuhnya, tapi aku yakin, suatu saat nanti aku bisa.. :) 

Enjooy ^_^


Lihatlah...bukankah mereka begitu poloss?? 













Apakah kita tega mengorbankan kepolosan mereka demi keegoisan kita, karena kita lebih beruntung?? 

You Might Also Like

4 komentar

  1. Pemerintah sepertinya sudah kehabisan ide untuk menangani ank jalanan ini..

    BalasHapus
  2. untuk itu, peran masyarakat sangatlah dibutuhkan

    BalasHapus
  3. itu semua tergantung di anak jalanan
    terkadang juga banyak yang tidak mau di bina
    karena lebih enak hidup bebas seperti burung merpati di alam bebas

    BalasHapus
  4. mereka ingin hidup bebas juga karena mempunyai alasan sendiri. Mereka anak-anak yang kuat, benar. Kita? bisa apa terhadap mereka? Kita manusia yang berutung dibandingkan dengan mereka. Mendidik dan mengajar adalah tugas kita, bukan melalui pendidikan yang formal, tetapi non formal. mereka pasti akan kaget jika dengan cara yang langsung formal, dan pastinya akan merasakan ketidak nyamanan yang membuat mereka kembali kee jalanan.

    BalasHapus

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe