Pengalaman Mengenai Cyber Crime

13.53

Pada Tulisan kali ini, saya masih akan membahas mengenai Cyber Crime. Namun, tulisan kali ini bukan pengalaman pribadi saya sendiri, melainkan dari pengalaman dari orang lain.
Cyber Crime atau biasa disebut dengan Kejahatan dunia maya telah banyak beredar semenjak pengguna internet menggunakan jasa internet. Kejahatan ini dipicu karena banyaknya keuntungan yang diperoleh dari hasil kejahatan tersebut.
Misalnya saja, dari berita-berita yang pernah saya tonton di televisi. Banyak dari masyarakat awam pengguna internet mengalami kejahatan online seperti kegiatan jual beli(e-commerce). Korban di tipu dalam melakukan transaksi sehingga kadang setelah mentransfer sejumlah uang untuk membeli suatu barang yang dipasarkan di internet namun, barang tidak kunjung datang dan si pelaku menghilangkan jejak dengan susah untuk diajak berkomunikasi.
Selain dari kejahatan tersebut, ada pula kejahatan pelanggaran HAKI, dimana seorang penulis suatu karya intelektual dijiplak karyanya atau tulisannya oleh penulis lain, tanpa menuliskan sumber referensinya. Biasanya, hal itu terjadi pada Mahasiswa ataupun Siswa yang sedang belajar membuat tulisan.
Aksi kejahatan di dunia maya lainnya yang sedang marak akhir-akhir ini bahkan telah masuk ke dalam kejahatan prostitusi. Dimana transaksi Jual Diri dilakukan melalui chatting ataupun media sosial. Para pelaku kejahatan tersebut mengaku mendapatkan keuntungan yang lebih banyak bila melakukan kejahatan melalui dunia maya ketimbang terjun langsung.
Sungguh miris bukan?
melihat banyak sekali kejahatan dunia maya yang bisa dilakukan seseorang dimana disitu terdapat kesempatan dan keuntungan yang lebih banyak.
Sebagai seorang pengguna jasa internet, kita harus sangat-sangat pandai dan bijak menggunakan akses internet ini.
Sesungguhnya internet diciptakan bukan untuk kejahatan melainkan sebaliknya. Untuk kemajuan peradaban di Dunia khususnya di negeri kita Indonesia.
Sekian tulisan kita kali ini, semoga ini bisa menjadi salah satu referensi bahkan peringatan untuk kita agar lebih bijak menggunakan jasa internet. 

You Might Also Like

0 komentar

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe