Hubungan komunikasi dan kepemimpinan dalam organisasi

00.26

Hubungan komunikasi dan kepemimpinan dalam organisasi

Komunikasi merupakan salah satu bentuk interaksi antar manusia untuk mendapatkan suatu informasi. Dalam melakukan suatu hubungan sosial diperlukan kemampuan komunikasi yang baik, begitu pula dalam berorganisasi. Komunikasi dalam organisasi sangatlah penting karena organisasi merupakan salah satu kegiatan yang sulit dipisahkan dari manusia sebagai makhluk sosial.
Selain komunikasi, sebuah sifat kepemimpinan juga penting dalam menjalankan sebuah organisasi. Sejatinya..Kepemimpinan merupakan suatu bentuk sifat seseorang yang berkaitan dengan ketrampilan dan kecakapan seseorang dalam mempengaruhi orang lain/kelompok untuk mencapai suatu tujuan tertentu.Oleh sebab itu, dalam berorganisasi sifat kepemimpinan ini sangatlah penting agar tujuan dari organisasi tersebut dapat segera tercapai. Seseorang yang memiliki sifat kepemimpinan, pasti mampu memimpin orang lain dan dirinya sendiri untuk bekerja atau melakukan sebuah aktifitas dan juga mengambil keputusan dengan tepat.
Dapat dilihat bukan? Bahwa sesungguhnya komunikasi dan kepemimpinan dalam organisasi itu sangat penting. Lalu apa hubungannya?
Hubungan komunikasi dan kepemimpinan terletak pada proses mempengaruhi untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Dalam melakukan suatu kegiatan mempengaruhi bawahan oleh atasannya yang memiliki sifat kepemimpinan dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan berkomunikasi. Seorang pemimpin yang memiliki sifat kepemimpinan harus bisa menjadi komunikator ulung yang baik pula bagi bawahannya. Mengapa? Karena akan terciptanya keselarasan, kekompakan, dan loyalitas antara bawahan terhadap pimpinannya. Hal itu akan berdampak dengan kinerja semua pihak yang terkait sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dan tepat pada sasarannya. 

Referensi : 



http://permenkared.multiply.com/journal/item/3?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

You Might Also Like

0 komentar

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe