Teori Permintaan & Penawaran

15.00


1.      PERMINTAAN
Definisi Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu .
Contoh :
1.      Di pasar kebayoran lama yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot.
2.      Melisa mampu membeli 3 majalah setiap bulan pada harga Rp15000 dan dia mampu membeli 5 majalah setiap bulan pada harga Rp10000

Bunyi hukum permintaan
Apabila harga suatu barang naik maka jumlah barang yang diminta akan turun, sebaliknya jika harga suatu barang turun maka jumlah barang yang diminta akan bertambah, ceteris paribus. ( akan berlaku dengan asumsi faktor-faktor lain diluar harga dianggap konstan)
P naik Qd turun
P turun Qd naik ceteris paribus
Tidak berlaku untuk barang giffen, spekulasi, dan prestise

Fungsi Permintaan:
Qd= a –bP

Dimana:
Qd=Kuantitas barang yang diminta
a=Kostanta(mewakili faktor-faktor diluar harga yang dianggap konstan)
b=koefisien(bertanda negative karena hubungan harga dengan permintaan bersifat negatif
P=Harga

Contoh
Diketahui persamaan permintaan: Qd=15–3P
Persamaan permintaan tersebut merupakan persamaan linier(garis lurus) sehingga untuk menggambarkan persamaan tersebut ke dalam bentuk kurva atau grafik dibutuhkan dua titik saja.
Jika Qd = 0 P=5
Jika P = 0   Qd=15

Perkecualian Hukum Permintaan
_ Barang yang memiliki unsur spekulasi.
_ Barang prestise
_ Barang giffen

Jenis-Jenis Permintaan :
1.      Permintaan individu (perseorangan):
Permintaan individu adalah permintaan atas suatu barang oleh seseorang individu pada     suatu tingkat harga tertentu dalam suatu waktu tertentu
2.      Permintaan pasar:
Permintaan pasar adalah jumlah permintaan semua individu dalam pasar pada suatu tingkat harga tertentu dalam suatu waktu tertentu
3.      Permintaan efektif
Permintaan terhadap suatu barang dengan diikuti oleh kemampuan untuk membayar.
4.      Permintaan Absolut
Permintaan terhadap suatu barang tidak diikuti oleh kemampuan untuk membayar.
     berdasarkan perilaku konsumsi:
1. Kelompok permintaan fungsional
2. Kelompok permintaan non fungsional
Faktor2 yang menentukan permintaan suatu barang.
1.      Perilaku konsumen / selera konsumen
Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
2.      Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
3.      Pendapatan/penghasilan konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
4.      Perkiraan harga di masa depan /Ekspektasi   
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
5.      Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.

 Daftar & kurva permintaan


2.      PENAWARAN
Definisi penawaran
Penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
Bunyi hukum penawaran
Apabila terdapat perubahan harga naik dengan asumsi semua variabel lainnya konstan, maka mengakibatkan jumlah yang ditawarkan akan bertambah. Demikian pula sebaliknya, apabila terdapat perubahan harga turun dengan asumsi semua variabel lainnya konstan, maka mengakibatkan jumlah yang ditawarkan akan berkurang.
Di dalam ekonomi ini disebut sebagai hukum penawaran, yaitu terdapat korelasi positif antara jumlah penawaran suatu produk dengan harganya. Jika hal ini digambarkan, maka akan diperoleh suatu kurva penawaran yang dimulai dari kiri bawah ke kanan atas (gambar 2.4). Kurva penawaran menunjukkan jumlah penawaran atas suatu produk pada berbagai tingkat harga, sementara faktor-faktor lain dianggap tetap.

Perkecualian Hukum Penawaran
_ Backward bending supply
_ Decreasing cost supply
_ Constant cost supply
_ Biaya yang meningkat dan pendapatan yang menurun
_ Penawaran yang tetap (in-elastis sempurna) dan masalah
   sewa
_ Kasus situasi dinamis
_ Osilasi divergen
_ Osilasi abadi
_ Osilasi non linear
Faktor2 yang menentukan penawaran suatu barang
1.      Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
2.       Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
3.      Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.
4.      Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
5.      Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.

Daftar & kurva penawaran




Pergesaran Kurva Penawaran
Jika titiknya bergeser ke kanan berarti pada tingkat harga yang sama jumlah yang ditawarkan meningkat. Sebaliknya jika titik bergeser ke kiri berarti jumlah yang ditawarkan menurun.
Fungsi Penawaran dan Model Statistika
Hubungan antar dependent variabel dan independent variabel dapat dibangun dalam bentuk hubungan fungsi sebagi berikut:
Qs = f (P, P  ,T, M)
Apabila P  ,T , dan M diasumsikan konstan maka persamaan fungsi penawaran di atas ditulis kembali menjadi :
Qs = f( P   P  , T , M)
Persamaan yang baru ini menyatakan bahwa semua peubah bebas yang terletak dibelakang garis vertical diasumsikan konstan. Ini berarti analisis hanya terfokus pada Qs dan P saja. Fungsi ini dapat juga ditulis sebagai berikut:
Qs = f(P)
Selanjutnya, berdasrkan persamaan fungsi yang terakhir ini dapt dibangun model sederhana sebagai berikut:
Qs = a + bP
Dimana a adalah konstanta dan b adalah koefisien.
3.      Keseimbangan permintaan & penawaran
Dalam ilmu ekonomi, harga keseimbangan atau harga ekuilibrium adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga.

Perubahan Keseimbangan Pasar:
Perubahan keseimbangan pasar terjadi bila ada perubahaan di sisi permintaan dan atau penawaran. Jika faktor yang menyebabkan perubahan adalah harga, keseimbangan akan kembali ke titik awal. Tetapi jika yang berubah adalah faktor-faktor ceteris paribus seperti teknologi untuk sisi penawaran, atau pendapatan untuk sisi permintaan, keseimbangan tidak kembali ke titik awal.
Pada suatu macam barang dikatakan berada dalam keseimbangan (equilibrium) apabila jumlah barang yang diminta di pasar tersebut sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. Secara matematik dan grafik hal ini ditunjukkan oleh kesamaan Qd = Qs, yakni pada perpotongan kurva permintaan dengan kurva penawaran. Pada posisi keseimbangan pasar ini tercipta harga keseimbangan (equilibrium price) dan jumlah keseimbangan (equilibrium quantity).

Keseimbangan pasar:
Qd = Qs
Qd : jumlah permintaan
Qs : jumlah penawaran
E : titik keseimbangan
Pe : Harga keseimbangan
Qe : jumlah keseimbangan

Kegagalan Pasar
_ Informasi tidak sempurna (incomplete information)
_ Daya monopoli (monopoli power)
_ Eksternalitas (externality)
_ Barang public (public goods)
_ Barang altruisme (altruism goods)



Sumber :


You Might Also Like

2 komentar

  1. Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    BalasHapus

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe