Seminar bersama FemaleGeek PHP Indonesia “Women in IT, She Loves IT, She Developed IT”

16.17


Pada tanggal 16 April 2016, FemaleGeek PHP Indonesia berkesempatan untuk mengadakan seminar mengenai IT yang di beri tema “ Women in IT, She Loves IT She Developed IT”.
 Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Indigo Creative Nation sehingga dilaksanakan di Jakdiva, Menara Multimedia Lt.6 Jakarta. Pada kesempatan tersebut, FemaleGeek menghadirkan 7 perempuan hebat yang sudah bergelut di dunia IT. Siapa saja mereka? Dan apa saja yang dibahas oleh mereka? Yuk kita intip satu persatu.
Sesi pertama diisi dengan tema “ The Future is Now: The Coming IT #Revolution And The Importance of Women in IT” yang dibawakan oleh Pandu Sastrowardoyo. Siapakah dia? Dia adalah seorang Territory General Manager di IBM Indonesia. Pada sesi tersebut, Pandu, sapaan akrabnya menceritakan tentang ketertarikannya dalam dunia IT padahal beliau merupakan lulusan teknik lingkungan. Menurutnya, Wanita Indonesia memiliki potensi melakukan revolusi IT karena sudah banyak lulusan-lulusan ilmu komputer  saat ini yang berjenis kelamin wanita. So, tidak menutup kemungkinan bagi wanita untuk dapat bekerja dan berkecimpung di dunia IT. Bermodalkan ketertarikan dan juga passion, Pandu lebih memilih pekerjaan yang berkaitan dengan dunia IT dan meninggalkan pekerjaan lamanya di P&G. Beliau juga menjelaskan tentang apa itu revolusi IT dan faktor-faktor pendukungnya seperti data, system engagements, cloud dan value generation.

Lanjut pada sesi kedua, Ada Ken Ratri Iswari, CEO dari GeekHunter yang akan membahas tentang “Women Who Made Change in Bussiness & IT”. Ken, sapaan akrabnya telah menyelesaikan studi S2 di ITB dan saat ini masih aktif menjadi dosen di ITB.  Dalam sesi ini, Ken menceritakan tentang tokoh wanita yang menjadi inspirasinya yaitu, Dame Stephanie Shirley. Selain itu, Ken juga membahas mengapa wanita di dunia IT jumlahnya masih cenderung lebih ketimbang laki-laki? Menurutnya, itu karena pola pikir. Banyak wanita lebih memilih untuk menikah dan mengurus rumah tangga setelah lulus kuliah. Padahal, pekerjaan wanita juga bukan hanya ibu rumah tangga saja, wanita memiliki potensi lebih sebenarnya. Akan tetapi, menurut Ken banyak wanita yang tidak  percaya diri dengan kemampuannya dan faktor-faktor penyebab lainnya.


 
Sesi selanjutnya adalah sesi dari Septia Sukariningrum. Beliau adalah seorang Technology Solution Professional dari Microsoft Indonesia. Sesi tersebut membicarakan tentang “Do Great things With Windows 10”. Pada sesi ini dijelaskan tentang keunggulan-keunggulan dari windows 10 dan fitur apa saja yang makin mudah untuk digunakan. Septi, sapaan akrabnya juga mempertontonkan kepada peserta video-video yang berkaitan dengan perkembangan dari teknologi yang saat ini sedang hangat dibicarakan yaitu, Internet of Things(IoT).

Sesi keempat diisi oleh Ibu Martha Simanjuntak, beliau merupakan founder dari IWITA Association (Indonesian Women IT Awareness). Pada sesi tersebut, beliau menjelaskan tentang “Women Empowerment in ICT: Understanding ICTs and their potential for the empowerment of Women”. Beliau juga menjelaskan tentang program Serempak yang di usung oleh KPPPAI dalam rangka pemberdayaan perempuan dan teknologi.

Menjelang sesi makan siang, Acara dilanjutkan dengan talkshow dan ngobrol santai seputar IT yang dipandu oleh Muhammad Yulianto atau yang biasa disapa Alan bersama dengan ketiga pembicara cantik yaitu Ka Pandu, Ka Ken, dan Mba Septi. Talkshow berlangsung sangat interaktif. Peserta yang notabene didominasi oleh mahasiswa yang tertarik dengan dunia IT melemparkan banyak pertanyaan sehingga suasana diskusi makin nyaman. Usai talkshow tersebut, peserta digiring untuk makan siang dan sholat bagi yang beragama Islam.

Acara ini tidak sampai disitu saja, usai ISHOMA masih ada sesi dari Marcella Einstein, CEO dari Indonesian Flight. Pada sesi tersebut, Marcella membicarakan tentang “ How To Built A Startup?”. Beliau menjelaskan dengan detil step-step untuk membangun bisnis, bagaimana menciptakan ide kita menjadi sebuah produk, bagaimana cara mengambil keputusan dan tantangan-tantangan yang akan dihadapi dalam membangun startup.


Pada kesempatan selanjutnya, Wakil ketua dari FemaleGeek PHP Indonesia yang juga
merupakan seorang developer di Pemerintahan menjelaskan tentang “ How To Develop apps for Government”. Dewi Sri Susilowati, atau sering disapa Mba Dewi menjelaskan bahwa membangun aplikasi untuk pemerintahan memiliki 4 hal yang harus diperhatikan, diantaranya regulasi, anggaran, infrastruktur, dan sumber daya manusia.  Adapun Beliau juga menjelaskan bahwa pengembangan aplikasi e-government ini merupakan upaya penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik dalam rangka peningkatan kualitas.

Tidak ketinggalan pula setelah Mba Dewi menjelaskan materi, Peter Jack Kambey selaku Ketua harian PHP Indonesia menceritakan tentang komunitas PHP Indonesia dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan kepada semua peserta seminar.

Sesi terakhir adalah sesi yang paling ditunggu-tunggu dimana sesi tersebut diisi oleh Anne Regina, selaku Ketua FemaleGeek PHP Indonesia. Pada sesi ini, Ka Anne, sebutan akrabnya dari member FemaleGeek PHP Indonesia memboyong tim redaksi e-magazine PHP Indonesia untuk meluncurkan e-magazine edisi kedua. Ka Anne menceritakan apa itu FemaleGeek dan siapa saja orang-orang yang ada didalamnya serta mengucapkan terima kasih kepada para sponsor dan media partner yang telah berpartisipasi. Sponsor dan Media partner tersebut diantaranya adalah BriqSoftware, Indigo Creative Nation, Equinix, Niaga Hoster, Codepolitan dan Tech In Asia. Pemimpin Tim Redaksi e-magazine, Liana juga  menjelaskan isi e-magazine itu sendiri. Sesi ini berlangsung sangat santai sehingga suasana yang awalnya serius jadi Petcaahhhh.. juga akhirnya. Acara ini di tutup dengan sesi foto-foto, networking, dan penerimaan sertifikat untuk para peserta yang hadir.

FemaleGeek PHP Indonesia, She loves IT She Developed IT (RH)


They Said :

Description: /data/data/com.infraware.PolarisOfficeStdForTablet/files/.polaris_temp/image3.jpeg“Berasa gak berjuang sendirian di dunia IT, khususnya para wanita-wanita hebat bisa aku temuin. Dari yang ga tau gimana-gimana wanita di dunia IT bekerja sekarang jadi tau. Lagi pula saya bukan programmer, kalo kemarin acaranya juga gak terlalu2 bahas masalah programmer wanita gitu, makanya berkesan banget, dan emang bukannya saya gak suka mrogram tapi lebih tertarik ke infrastruktur,  tapi setidaknya saya bisa berbaur di FemaleGeek ini walaupun gak ngerti2 banget kalo kata ka ken kemarin.
-Anis




Description: /data/data/com.infraware.PolarisOfficeStdForTablet/files/.polaris_temp/image4.jpeg“Acara tempo hari keren. Mengingat pembicara2nya, bikin "klepek2" semua.
Catatan buat panitia, kalau bisa lebih siap lagi. Kaya kejadian pointer, lampu, slide. Trus mungkin lebih kreatif lagu ya bikin acaranya. Itu aja sih.”
-Adoh






If You want to know more, click  this link to see the video streaming
https://www.youtube.com/playlist?list=PLtZ1XFA46HB6OuOPxnDvt30O4Ta4XvDBW  


Note: artikel ini pernah dimuat di e-magazine PHP Indonesia

You Might Also Like

8 komentar

  1. Nama saya Steve, benar-benar menakjubkan ketika saya pikir semua sudah selesai karena tidak ada tempat untuk pergi dan saya pikir semua harapan hilang, dengan kebenaran perusahaan pemuja perusahaan ibu muslim cheryl martins pinjaman datang untuk menyelamatkan saya. Saya benar-benar berutang banyak pada perusahaan sejauh orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian melakukan penangkapan karena hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan dan masa tenggang yang diberikan kepada saya ketika saya keluar dan bebas untuk pergi dan mencari uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog saya dan saya tertipu dan menipu 3 kali dari uang saya tetapi ketika saya menemukan Ms. Cheryl CEO CHERYL MARTIN PERUSAHAAN PINJAMAN, Tuhan mengarahkan saya ke bantuan mereka melalui sebuah blog karena permohonan saya kepadanya benar-benar sebuah keajaiban bekerja karena Tuhan telah melihat bahwa Saya telah banyak menderita karena itu dia mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang nyata dan sah. Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar Rp3.000.000.000,00 dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan Direktur dan saya diminta untuk membuat biaya untuk transfer pinjaman saya yang saya lakukan dan dalam 2 jam setelah saya dikreditkan dengan tepat jumlah yang saya ajukan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman (KTA) sama dengan saya berbicara kepada Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri sekarang, saya tidak perlu bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keputusan keuangan apa pun dan saya tidak pernah berurusan dengan polisi lagi yang saya miliki sekarang adalah orang bebas. Anda ingin mengalami kebebasan finansial seperti saya, silakan hubungi ibunya melalui PIN BBM :( E3C73B6C) atau melalui perusahaan EMAIL :( Cheril.martinsloanfirm@gmail.com) atau WHATSSAP :( 2348148328732) Anda tidak dapat membantah fakta bahwa di dunia masalah, Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi masalah keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ny. Cheryl Martin di alamat di atas sehingga dapat mengatasi penurunan keuangan di Anda kehidupan. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut ini: (sudirmansinaga32@gmail.com) selalu positif dengan Ms. Cheryl Martins dia akan melihat Anda melalui semua tantangan keuangan dan ibu kami memberi Anda tampilan baru secara finansial.

    BalasHapus
  2. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

    TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
    Email: {anggaannisa1979@gmail.com}
    Twitter: [@AnggaAnnisa1]

    BalasHapus
  3. Selamat siang

    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC

    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    BalasHapus
  4. Nama saya Vina Shandi Saya seorang ibu dari dua orang, suami saya kehilangan pekerjaannya 5 tahun yang lalu sejak saat itu kami tidak memiliki uang untuk membayar tagihan kami, kami mulai memiliki hutang yang tidak dapat kami bayar, Maret 2017 saya katakan seorang teman tentang masalah keuangan saya dan Dia memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman online (Arab Credit Group) yang mengatakan bahwa saya harus mempercayai mereka dan melakukan apa yang mereka minta untuk saya lakukan, jadi saya menghubungi mereka dengan Arabcreditgroup@gmail.com dan meminta 800 juta, saya pertama kali takut tetapi saya melakukan seperti yang dia katakan kepada saya dengan menyelesaikan semua tahapan dan saya menerima pesan dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan, saya pergi ke bank saya untuk mengonfirmasi apakah itu benar dan saya sangat senang membuat saya pertama kali ditarik. Hari ini saya telah membayar semua hutang saya dan suami saya dan saya sekarang memiliki bisnis di mana kami dapat mempekerjakan lebih dari 15 orang sehingga saya berjanji untuk memberi tahu orang-orang tentang kesaksian besar ini.
    jika Anda mengalami masalah keuangan atau Anda menginginkan pinjaman untuk memperluas kontak bisnis Anda (Arab Credit Group) dengan
    Arabcreditgroup@gmail.com
    jika Anda memiliki pertanyaan, silakan hubungi saya
    vinashandi01@gmail.com

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum, saya JERRY ANDI sangat senang karena saya mendapat pinjaman kedua dari Anthony Yuliana Lenders dan kali ini saya mendapat pinjaman sejumlah Rp 330 juta setelah saya diminta melakukan pembayaran untuk biaya asuransi pinjaman dan biaya transfer, semua pujian ditujukan kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman Rp 330 juta dari Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini bahwa mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu , Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu kreditur pinjaman online terbaik untuk pinjaman 100%, hubungi
    (anthony.yulianalender@gmail.com)
    atau whatsapp +1 (323) 4026088
    email saya{jerryandi843@gmail.com}

    BalasHapus
  6. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  7. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  8. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe