Fun blogging, di mata seorang minoritas.

14.37

Terusik batin dan jiwaku ditengah-tengah deadline skripsi yang mepet, melihat postingan rekan-rekan di grup fun blogging untuk ikut menyemarakan ulang tahun fun blogging yang pertama. Aku tak peduli apakah suara batinku ini terlambat atau tidak, yang jelas ini adalah kali pertama tulisanku, aku publish ke grup ini. 
 
Mungkin, sebagian dari kalian belum mengenal aku. Perkenalkanlah namaku Rahmarani Hakim. You can call me Rani. Aku merupakan salah satu peserta fun blogging edisi ke 5. Waktu itu event ini dilaksanakan di Communicasting Academy tanggal 14 Juni 2015.


Sumber Foto : Peserta Fun Blogging 5

Sumber Foto : Peserta Fun Blogging 5, Kanan Mba Ani, Tengah Mba Shinta, Kiri Mba Haya

Sumber Foto : Peserta Fun Blogging 5

Sumber Foto : Peserta Fun Blogging 5

Berawal dari pertemuanku di sebuah acara FGD yang diselenggarakan oleh KPPPA di Gedung Nyi Ageng Serang beberapa bulan lalu, aku mengenal ketiga narasumber Fun Blogging ini. Waktu itu, aku diundang oleh salah satu guruku, Miss Julie Rostina namanya untuk mengikuti forum diskusi yang berbicara tentang perempuan dan IT. Aku yang memang berlatar-belakang pendidikan IT, sangat tertarik dan ingin mencoba bertemu orang-orang baru. Pada acara itu, aku di pertemukan oleh ketiga blogger guru kita ini, Mba Haya, Mba Shinta dan Mba Ani. Dalam FGD tersebut yang notabene ternyata isinya di dominasi oleh ibu-ibu rumah tangga membuat aku merasa bahwa aku berada di dalam kaum minoritas. Ada pula Mba Donna, Ibu Wylvera, dan Mba Nunik yang berbagi pengalaman di FGD dan ternyata merupakan salah satu peserta fun blogging angkatan awal.

Sebagai seorang yang minim pengalaman dalam dunia blogger dan berstatus mahasiswi tak menghalangiku untuk sekedar menyapa beberapa orang yang berada dalam kerumunan ramah tamah di acara itu sampai pada akhirnya aku mendapat kartu nama dari blogger-blogger yang ada di fun blogging ini. Kalo boleh jujur, hanya bloggerlah yang membuat saya tertarik untuk mengenal dan menjalin networking. Sesampainya di rumah, aku menjelajah mencari nama mba Shinta, mba Haya, mba Ani, Ibu Wylvera, mba Nunik dan mba Donna. Aku meminta pertemanan melalui facebook & twitter dan ternyata waktu itu baru di approve oleh mba Shinta saja. Pada waktu itu, aku membaca informasi tentang fun blogging 5 di kicauan mba Shinta via twitter. Aku kontak dan jadilah aku mengikuti acara ini dan berada dalam grup ini.

Apa hal yang mendasari aku untuk mengikuti acara ini? Pertama, Sejak SD aku memang sudah gemar menulis, pernah mengikuti lomba mengarang SD sampai tingkat kecamatan dan waktu itu aku hanya sering menulis puisi-puisi persahabatan, keluarga bahkan percintaan ala-ala anak ABG. Kedua, Aku telah mengenal dunia blogging sejak SMA, aku pernah memenangkan juara satu lomba menulis blog 3 hari yang diadakan oleh toko buku leksika waktu itu mengenai ulang tahun Jakarta. Itu merupakan salah satu prestasi yang aku raih dalam dunia menulis. Akupun sebenarnya sadar bahwa aku punya potensi dalam bidang ini, akan tetapi saat itu memang tulisanku ya itu saja, sebatas puisi dan curhatan-curhatan hati masa-masa ABG. Tak ada yang lain.

Menginjak dunia perkuliahan, kegiatan tulis-menulisku pudar karena sibuk dengan kegiatan dan tugas-tugas yang bejibun. Aku hanya menulis sesekali saja ketika merasa penat dan untuk memenuhi tugas mata kuliah softskill saja. Aku merasa ada yang hilang dalam hidupku, akan tetapi ketika dipertemukan oleh para blogger-blogger dari Fun Blogging di acara FGD itu, aku seperti menemukan teman yang mungkin akan dapat membuatku bisa menghadapi masa depan suatu saat nanti.

Salah satu cita-citaku adalah menjadi Ibu Rumah Tangga yang produktif dan berkaca pada beberapa blogger yang aku temui itu, aku menemukan bahwa suatu saat nanti mungkin aku akan seperti mereka. Mengurus anak dan suami dengan tetap produktif menelurkan karya yang bermanfaat bagi banyak orang. Itulah mungkin yang melatarbelakangi mengapa aku berada di grup fun blogging saat ini.

Sekali lagi, aku teriakkan bahwa aku menganggap diriku adalah salah satu dari kaum minoritas, sebagai salah satu peserta fun blogging yang umurnya masih 20 tahunan walaupun body emak-emak 40 tahunan hehehe :D. Hal itu membuat aku terkesan seumuran dengan mereka teman-teman sejawat fun blogging 5 (semoga pencitraannya berhasil). Waktu itu, sepertinya ada 2 atau 3 peserta laki-laki yang masih mahasiswa tapi aku lupa siapa namanya. Jujur saja, aku datang terlambat karena sempat nyasar ke tempat tujuan, aku kaget ketika sampai di tempat tujuan ternyata pesertanya hanya sekitar 25 orang dan didominasi oleh peserta berumur lebih tua dariku. Perkiraanku bahwa fun blogging ini merupakan seminar yang dihadiri oleh lebih dari 50 orang dan pesertanya dari berbagai macam usia dan profesi. Ya..namanya perkiraan pasti bisa salah. Huft.(alay)

Di mataku, fun blogging merupakan salah satu dari rumah para pencari ilmu, jaringan pertemanan dan tempat berbagi pengalaman. Aku melihat, peserta fun blogging saat itu seperti telah mengenal lama, bersenda gurau, bercanda-canda dan seakan bukan baru kenal pada saat itu saja. Jiwaku yang masih muda ini menggelegak, sempat merasakan berbagai macam perasaan ketika mengikuti acara itu, rasa senang bercampur rasa khawatir. Bagaimana caranya supaya bisa banyak mengobrol dengan peserta lain, bagaimana caranya agar aku bisa diterima di dalam acara tersebut, bagaimana caranya agar aku bisa berkomunikasi dengan baik dengan peserta lain. Bagaimana caranya agar ilmu ini bisa ku terapkan agar menghasilkan. Di tambah lagi dengan perasaan was-was, grogi karena saat itu aku sedang berada dalam keadaan tidak memegang smartphone karena rusak sedangkan ada lomba live tweet dan sebagainya. Aku tidak bisa mengeksplore lebih jauh tentang pengalamanku di acara tersebut tanpa memotret pastinya. Hal itu membuat aku jadi lebih banyak diam dan mengikuti alur saja. Menikmati bahwa memori tak selamanya harus didokumentasikan melalui foto.

Toh, tentunya aku masih akan bisa terus menjalin komunikasi dengan peserta-peserta ini nanti. Itulah memori dan pengalaman yang akan sulit untuk dilupakan. Dengan mengikuti acara ini, Aku jadi banyak belajar walaupun masih dengan cara memperhatikan dan menjadi silent reader. Dengan adanya komunitas ini, aku belajar bagaimana bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang yang lebih tua pastinya. Belajar mengembangkan diri dengan membaca tulisan-tulisan yang teman-teman share ke dalam grup. Grup yang jarang sekali sepi dari notifikasi. Salut!

Masuk pada sesi terakhir, yaitu sesi ramah tamah, barulah aku mulai memberanikan diri untuk berkomunikasi lebih banyak dan mengobrol hingga minta di fotokan sebagai kenang-kenangan oleh peserta lain. Salah satunya, mba Evrina yang bersedia memotretku di ruang VIP waktu itu. Tak peduli lah, aku akan dapat fotonya atau tidak, yang penting aku pernah berada di dalam dokumentasi mereka sekalipun mereka tidak terlalu mengenalku. Yaa..buat apalah kecanggihan teknologi saat ini, kalo berbagi foto saja tak bisa. Akhirnya setelah ngubek-ngubek timeline twitter dan facebook. Aku mendapat berbagai foto dokumentasi kegiatan ini. Walau tak begitu banyak, tapi bisa menjadi pengingat memori nanti.

Thanks to fun blogging. Happy birthday !! semoga komunitas ini bukan cuma komunitas yang sementara dan hanya berjalan beberapa tahun saja, akan tetapi hingga nanti hingga rekan-rekan sejawat punya cucu cicit dan menularkan kegiatan menulisnya menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi diri dan bagi orang lain kelak. Semoga fun blogging bisa terus menebar manfaat seperti laksana lentera dalam kegelapan malam.

Akulah kaum minoritas yang mungkin beruntung saat ini, berada dilingkaran wanita dan orang-orang hebat yang bisa produktif dengan keuletannya menulis, tak pernah kehabisan ide untuk mengutarakan apa yang menjadi sudut pandang mereka. Bahkan, tak ayal menghasilkan pundi-pundi uang yang dapat bermanfaat bagi keluarga dan orang lain.

Tulisan ini mungkin akan mengundang kontroversi, tapi aku tidak bermaksud apa-apa dalam menganggap bahwa diriku adalah minoritas. Ini hanya sekedar istilah yang tak bermaksud menciptakan kesenjangan. Aku merasa diriku memang minoritas tapi aku tidak merasa bahwa kesenjangan dimana yang tua dan yang muda itu ada. Aku senang berada diantara kalian semua. Semoga kalian juga begitu terhadapku. Terima kasih atas pelajaran-pelajaran yang diberi. Perlahan namun pasti, aku akan merealisasikan materi di fun blogging ini seusai aku menyelesaikan tugas akhirku kelak.

Kawan, ku haturkan permohonan maaf apabila dalam tulisan ini ada yang tidak berkenan dan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan seorang pemula yang pasti penuh celah. Thanks for everything! Maaf kalo tulisan ini juga terlalu jujur. Ya Jujur walaupun Sulit hehe :D



Tertanda,



Rahmarani Hakim.


Capture by Mba Evrina




You Might Also Like

10 komentar

  1. @ mba riana halooo teman sekelas hihih makasi udah mau mampir dan baca tulisanku..
    @mba lubena ali haloo salam kenal, terima kasih sudah bersedia membaca tulisanku..
    @mas irwin halo salam kenal, tunggu saja informasi fun blogging selanjutnya..trus ikutan deh..hehehe

    BalasHapus
  2. pinjaman! pinjaman!! pinjaman!Apakah Anda mencari sebuah perusahaan terkemuka dan terakreditasi pinjaman pribadi yang menyediakan pinjaman untuk kesempatan seumur hidup.Kami menawarkan semua jenis pinjaman sangat cepat dan mudah, pinjaman pribadi, kredit mobil, pinjaman hipotek, pinjaman mahasiswa, pinjaman Bisnis, pinjaman investasi, hutang konsolidasi dan banyak lagi.Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya?Apakah Anda memerlukan konsolidasi pinjaman atau hipotek? DAo tidak terlihat lagi seperti kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda dari masa lalu.Kami meminjamkan dana kepada individu dan perusahaan yang membutuhkan bantuan keuangan pada tingkat 2%.Tidak ada nomor jaminan sosial yang diperlukan dan tidak ada pemeriksaan kredit diperlukan, 100% dijamin.Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan mendukung dan kami akan senang untuk menawarkan pinjaman.Kemudian kirimkan email ke: (mariannelson2012@gmail.com) untuk mengajukan permohonan untuk pinjaman

    BalasHapus
  3. Saya Devina dari indonesia di Surabaya, saya mengabdikan waktu saya di sini karena janji yang saya buat untuk Nyonya Elizabeth yang kebetulan merupakan pemberi pinjaman online dari perusahaan pinjaman Elizabeth dan saya berdoa kepada ALLAH agar dia dapat melihat posting saya pada hari ini.

     Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar diposting oleh seorang wanita bernama Arnah dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online dari Dr James Mowat, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Nyonya Elizabeth dan Nyonya Elizabeth meminjamkan 2.500.000 Rupiah tanpa tekanan dan tunda, jangan hubungi Dr. James Mowat melalui email: jamesmowatloanfirm@gmail.com untuk menghindari menjadi korban penipuan.

    Saya memutuskan untuk menghubungi Arnah untuk mengkonfirmasi apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari Nyonya Elizabeth, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Nyonya Elizabeth saya bersikeras bahwa dia harus tolong beri tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan itu sangat mudah tentang bagaimana mengajukan permohonan pinjaman dari Nyonya Elizabeth yang perlu saya lakukan adalah menghubungi dia, mengisi formulir aplikasi mengirimnya kembali, mengirim salinan pindaian kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya . lalu saya bertanya padanya bagaimana Anda mendapat pinjaman? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, itu sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Nyonya Elizabeth dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untungnya bagi saya saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya berhasil disetujui tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta untuk membuat janji untuk membagikan kabar baik Nyonya Elizabeth dan itu adalah mengapa Anda melihat posting ini hari ini. untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan dari 150000000 Rupiah. Jadi saya menyarankan setiap orang yang mencari sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Elizabeth melalui Email: elizaabethchristopherloan@gmail.com untuk pinjaman aman Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya : devinairf128@gmail.com atau Anda juga dapat menghubungi Arnah di arnahnana01@gmail.com. Saya percaya satu giliran yang baik layak mendapat yang lain.

    BalasHapus

  4. Halo

    Kami menawarkan pinjaman bagi mereka yang bisa membayar dengan suku bunga 1% dalam jangka panjang.
    Bagi siapa pun yang tertarik, kirimkan surat kepada saya, berpantang dari orang-orang dengan niat buruk.
    Beri pinjaman antar individu dari semua jenis:
    * Keuangan
    * Perumahan
    * Kredit investasi
    * Pinjaman mobil
    * Konsolidasi hutang
    * Batas kredit
    * Hak Tanggungan
    * Penukaran kredit
    * Pinjaman

    Kami menawarkan pinjaman jangka pendek, menengah dan panjang, bekerja sama dengan pengacara kami.
    Silakan langsung kirim email Anda dan beri tahu saya berapa yang Anda butuhkan.
    Hubungi kami:
    Perusahaan: ISKANDAR LENDERS INCO.
    Hanya WhatsApp: {+ 44} 7480729811
    Tel .... {+ 44} 7480729811
    Email: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    Terima kasih

    BalasHapus
  5. nama saya Mrs. Lestari Abyasa dari Balikpapan di Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mendidik semua orang yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena ada kreditor palsu. Beberapa bulan yang lalu, saya menderita kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Manusia di Singapura dan saya ditipu.

    Saya hampir kehilangan harapan sampai saya menemukan seseorang Ayu Amangku mengirim email ayuamangku@gmail.com yang membagikan kesaksian pemberi pinjaman online bernama Ms. Rika Anderson, dari RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang meminjamkan 100 juta pinjaman tanpa jaminan dan suku bunga terjangkau beberapa hari yang lalu. Saya juga melihat posting di blog Margaretha Asmaran email margarethaasmaran@gmail.com.

    Saya juga membuat pertanyaan dari Merpati Darma melalui email merpatidarma@gmail.com dan saya yakin dan setelah pinjaman saya ditransfer ke rekening bank BCA saya, saya terkejut melihat saldo akun saya dan menemukan jumlah yang saya kirim langsung ditransfer ke bank saya akun oleh ibu Rika Anderson tanpa penundaan. Dan saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: lestariabyasan@gmail.com Tolong saya ingin Anda menggunakan informasi ini dan bebas dari kesulitan keuangan Anda.

    KESAKSIAN: Abyasa Lestari
    BCA: 7683724750
    dari Balikpapan di Indonesia.
    lestariabyasan@gmail.com
    Saya adalah saksi sejati perusahaan pinjaman Ms. Rika.
    PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Hanya Whatsapp: +15183602491

    BalasHapus
  6. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    BalasHapus
  7. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe